Mengulas Situs Pencetak Rupiah: Bagus atau Tidak?

Memegang Uang di Perkebunan
Uang dapat dihasilkan dari mana saja. (Pexels)

Dunia internet yang begitu luas memberikan dampak ke hadirnya ratusan ribu situs, bersamaan dengan sekian macam kategori yang berbeda-beda. Terdapat situs yang berguna sebagai alat pembelajaran, ada pula situs yang bergerak di bidang keuangan, hingga bahkan, terdapat situs yang berguna sebagai media hiburan. Contoh paling masuk akal dari situs hiburan adalah situs Netflix yang dapat digunakan untuk menonton berbagai film, serial, maupun acara televisi. Sementara contoh paling tidak masuk akal dari kategori yang sama adalah situs bernama Endless Horse, sebuah situs yang hanya menampilkan gambar tidak totalitas berbentuk seekor kuda dengan kaki yang sangat panjang, hingga-hingga, siapapun yang mampir ke situs tersebut tidak akan berhasil menemukan ujung dari keempat kaki si kuda.

Pada intinya, semua situs berorientasi pada ciri khasnya masing-masing, pun begitu juga dengan Kolotibablo. Secara garis besar, Kolotibablo merupakan situs keuangan yang memberikan potensi kepada para pengguna internet untuk bisa memperoleh penghasilan. Dengan slogan "Stable job for everyone. Everywhere", bekerja di Kolotibablo dapat dilakukan kapanpun dan di manapun.

Agar dapat mulai menghasilkan uang, para pengguna internet yang telah mendaftar sebagai pekerja perlu untuk menyelesaikan CAPTCHA sebanyak-banyaknya. Singkatnya, CAPTCHA merupakan suatu bentuk tantangan yang biasa digunakan untuk memastikan bahwa suatu tindakan tidak dihasilkan oleh pemikiran buatan atau robot.

Di tahun 2022 ini, situs penghasil uang umumnya dibuat berdasarkan mata uang digital, alias mata uang kripto, dan terkadang memerlukan deposit atau melakukan pengiriman dana dalam bentuk apapun untuk dapat benar-benar menghasilkan uang dari situs yang dimaksud. Terkadang, ada juga situs yang tidak memerlukan deposit, tetapi biasanya situs tersebut memiliki potensi yang lebih besar dalam melakukan tindakan penipuan, yang dalam dunia kripto biasa disebut rug pull. Tindakan penipuan yang kerap dilakukan ialah dengan cara menghentikan seluruh aktivitas operasional dengan mendadak, sehingga para pengguna internet yang telah bekerja di situs tersebut mengalami kerugian fisik dan waktu. Bahkan, beberapa situs berpotensi meninggalkan virus melalui banyaknya iklan yang tak sengaja dipencet oleh para pengguna internet.

Money Maker

Halaman Utama Situs Penghasil Uang, Kolotibablo
Halaman utama dari situs Kolotibablo.

Para pengguna internet yang tertarik dengan Kolotibablo, tentu saja akan mengawali perjalanan mereka dari halaman utama Kolotibablo. Di sana, mata mereka akan langsung tertuju pada dua hal: kelebihan yang ditunjukkan oleh pihak Kolotibablo dan beberapa ulasan yang diberikan oleh mereka yang sudah bekerja di Kolotibablo.

Tiga hal utama yang dipamerkan oleh Kolotibablo di halaman utama situs mereka adalah: telah beroperasi sejak tahun 2007 dan tidak berniat untuk kabur, meninggalkan para pengguna yang telah bekerja secara aktif; selalu melacak tindakan para pekerja dengan sistem yang akurat, termasuk itu tindakan penarikan dana; proses penarikan tunai ke berbagai akun keuangan berjalan dengan cepat dan dapat mengirimkan dana ke akun Kolotibablo milik pekerja lain.

Sementara itu, di bagian paling bawah halaman utama, dapat ditemukan tiga ulasan dari tiga pekerja yang berbeda-beda. Ulasan yang diperlihatkan akan selalu berubah seiring waktunya. Salah satu ulasan datang dari Ilman Alif Hamdala yang mengaku telah bekerja di  Kolotibablo sejak beberapa tahun yang lalu. "Terkadang bekerja penuh waktu dan terkadang paruh waktu. Penghasilan yang saya peroleh membantu saya untuk membangun rumah, mobil, dan menikah, karena saya bisa mengolah pendapatan dengan baik," ucap Hamdala dalam bahasa Inggris. "Tetap bekerja, bekerja, dan bekerja," Hamdala mengakhiri.

Sayangnya, pada halaman utama ini, terdapat kekurangan yang berasal dari area paling atas halaman. Yang mana, area tersebutlah yang akan pertama kali dilihat oleh para pengguna internet saat mereka berkunjung ke situs Kolotibablo. Kualitas dari gambar yang ditampilkan kurang modern dan membuat halaman tersebut terkesan tidak diperbarui sejak bertahun-tahun. Di samping itu, entah apa pula maksud yang ditujukan dari karakter seorang pekerja wanita di bagian paling kanan halaman yang memegang gambar kartun berbentuk dokumen. Editan logo Kolotibablo yang menempel di laptop tiga orang pekerja pria juga terlihat kurang rapi. Kekurangan-kekurangan tersebut dapat membuat para pengunjung menjadi tidak lagi tergiur untuk bekerja di Kolotibablo, akibat dari kurangnya profesionalisme yang ditampilkan.

Untuk dapat menjadi bagian dari para pekerja Kolotibablo, pastinya diperlukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk siapapun yang tertarik, dapat langsung menuju ke tautan ini, lalu pencet tombol Sign in yang berada di paling atas halaman utama. Setelah itu, akan muncul tiga kolom dengan kegunaan yang berbeda-beda. Kolom pertama digunakan oleh pekerja yang telah mendaftar sebelumnya untuk masuk ke akun yang telah dibuat. Sementara itu, kolom kedua berfungsi sebagai formulir pendaftaran. Kolom terakhir digunakan oleh para pekerja yang lupa dengan kata sandi akun mereka masing-masing. Pilihlah kolom kedua untuk melakukan pendaftaran dan ikuti instruksi yang diperlukan untuk masuk ke halaman utama khusus pekerja. Gunakanlah nama yang cocok dan email yang sesuai.

Setelah melewati proses validasi, maka kata sandi akan dibuat otomatis dan dikirimkan melalui email yang telah didaftarkan sebelumnya. Gunakan kata sandi dan nama yang telah dibuat untuk masuk ke akun, melalui kolom pertama yang sudah disebutkan sebelumnya. Setelah itu, selesaikan proses validasi yang dibutuhkan. Kolotibablo kemudian akan memunculkan halaman utama khusus untuk pekerja. Di bagian ini, desain halaman yang ditampilkan sangat simpel dan minimalis, sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh para pekerja baru. Kualitas dari halaman utama untuk para pekerja Kolotibablo sangat berbanding terbalik dengan beberapa halaman utama situs penghasil uang lainnya yang dipenuhi oleh berbagai gambar dan iklan yang mengganggu.

Halaman Utama untuk Pekerja Kolotibablo
Halaman utama khusus untuk pekerja Kolotibablo.

Di halaman ini, pekerjaan bisa langsung dimulai dengan memencet tombol work via Web. Selain itu, pekerjaan juga bisa dilangsungkan melalui telepon Android dengan cara mengunduh aplikasi Kolotibablo. Pencet tombol work via App, pilih tombol Android App dan silakan ikuti instruksi yang telah disediakan. Terdapat pula opsi untuk bekerja melalui aplikasi untuk komputer berbasis Windows.

Teks bertuliskan "Current bid: $1.1 / 1000" menginformasikan perkiraan jumlah uang yang diterima pekerja setiap seribu CAPTCHA berhasil diselesaikan. Sementara itu, teks di sebelah kanan menampilkan perkiraan jumlah hadirnya CAPTCHA ke akun milik pekerja. Di sini, penulis berpotensi mendapatkan akses untuk menyelesaikan 17,4 CAPTCHA di setiap kehadiran 7.651 CAPTCHA.

Yang paling penting, perlu dipahami bahwa pada saat bekerja, dapat dilakukan pengaturan diskon untuk membuat pengubahan pada biaya pengerjaan CAPTCHA, dan pengaturan itu sangat berdampak kepada banyaknya CAPTCHA yang hadir dalam periode waktu tertentu. Pada intinya, semakin besar diskon yang diaplikasikan, semakin sering pula CAPTCHA yang datang.

Kolotibablo tidak begitu memanjakan para pekerjanya. Mereka selalu menyimpan data-data dari CAPTCHA yang telah dikerjakan oleh para pekerja. Pekerja yang bekerja dengan benar akan mendapatkan upah mereka masing-masing, sementara pekerja yang membuat kesalahan akan mendapatkan teguran dan terancam kehilangan akses bekerja jika terus membuat kesalahan. Kesalahan yang telah diperbuat akan tercatat oleh sistem, tetapi dapat dihapus dengan cara membayar denda 0,02 dolar per satu kesalahan. Saat ini, penulis memiliki total tujuh kesalahan.

Untuk perihal gaji yang diterima, dapat dengan mudah ditarik ke akun CryptoSwapp, akun AdvCash, dompet mata uang kripto Litecoin, dan ke akun Capitalist. Terdapat pula opsi untuk menarik dana ke berbagai entitas keuangan lainnya, tetapi tindakan tersebut memerlukan komunikasi dengan para pengguna Kolotibablo yang menjual jasa penukaran. Penulis sudah pernah menarik dana senilai 0,55 dolar ke akun CryptoSwapp dan Kolotibablo terbukti membayar secepat kilat.

Kesimpulan

Pada dasarnya, Kolotibablo cukup berguna sebagai alat pencetak uang bagi mereka yang membutuhkan uang secara instan. Tetapi, wajib diketahui bahwa uang yang diberikan kurang sebanding dengan waktu dan tenaga yang dikerahkan. 0,55 dolar yang sempat penulis dapatkan, diperoleh setelah sekitar empat jam lebih bekerja. Pekerjaan ini akan menjadi pekerjaan yang cukup worth-it jika mereka yang telah bekerja bisa memaksimalkan fitur afiliasi yang telah disediakan. Dengan membagikan tautan afiliasi, maka akan menghasilkan uang tambahan dari hasil pekerjaan yang dilakukan oleh mereka yang mendaftar melalui tautan afiliasi yang telah dibagikan.

Menghasilkan uang di Kolotibablo bisa dilakukan sambil menonton tayangan video YouTube, tetapi seiring waktu, Kolotibablo mungkin tidak bisa menaikkan gaji para pekerjanya, kecuali melalui fitur afiliasi. Fakta tersebut akan sangat berbeda bila dibandingkan dengan bekerja di profesi pada umumnya, yang sangat berpotensi untuk mengalami kenaikan gaji, meskipun pada awalnya tidak mendapatkan penghasilan sama sekali.

Daftar Pustaka

Komentar