Kuuga vs Agito, Siapa yang Akan Menang?

Karya Ini Ditulis oleh Binnar Kurnia Ramadhan yang Independen. Kami hanya Menyunting dan Mengunggah Karya Ini

***

Dua karakter legendaris di serial Kamen Rider.
Kuuga dan Agito merupakan dua karakter legendaris di serial Kamen Rider. (MogiMogy, JEFusion, Duniaku.com, & Tokopedia)

Dua sosok karakter Kamen Rider yang mengawali era Heisei, yaitu Kuuga dan Agito! Berkat dua karakter tersebut yang mengisi serialnya masing-masing, rumah produksi Toei Company berhasil bangkit dari keterpurukannya setelah penayangan serial Kamen Rider Black di tahun 1987 dan Black RX di 1988.

Baik Kuuga dan Agito, keduanya memiliki kesamaan, seperti bentuk tanduk dan sabuk yang mirip dan sama-sama bertemakan mistis. Keunikannya, serial Agito merupakan sekuel dari serial Kuuga, sehingga dapat ditemukan beberapa petunjuk di serial Agito yang merupakan referensi untuk serial pendahulunya. Jika kedua karakter Kamen Rider ini saling bertarung, siapa yang akan memenangkan pertarungan? Let's check it out!

Sejarah Kuuga

Pemuda bernama Yusuke Godai merupakan orang di balik Kuuga. Dia merupakan seorang remaja yang hobi berpetualang. Godai dan adiknya, Minori Godai, tinggal bersama teman ayahnya yang bernama Tamasaburo Kizari. Kehidupan Godai berubah ketika temannya, Sawatari Sakurako, yang berkuliah di jurusan arkeologi, memberitahukan Godai mengenai informasi tentang terjemahan sebuah tulisan kuno di sarkofagus yang sedang ditelitinya. Tulisan kuno itu menyatakan bahwa kegelapan akan muncul jika sarkofagus itu dibuka. Namun, semuanya telah terlambat.

Sejumlah makhluk dari zaman kuno bernama Grongi, bangkit dari tanah dan membantai umat manusia, yang mereka sebut sebagai Linto. Semua tindakan pembunuhan yang mereka lakukan hanyalah untuk memenangkan permainan yang diadakan sesama Grongi. Grongi yang paling banyak membunuh, dialah yang menjadi pemenang.

Suatu ketika, saat Godai sedang menemani seorang seorang polisi bernama Ichijo dan Sakurako ke kantor polisi dalam tujuan mengantarkan sabuk kuno dari mayat yang ada di dalam sarkofagus, mereka menyaksikan sesosok Grongi berbentuk laba-laba yang bernama Xu Gmun Ba. Berbekal keberanian dan penglihatannya mengenai sosok kesatria kuno yang menggunakan sabuk yang dibawa Sakurako, Godai pun menggunakan sabuk tersebut. Dengan seketika, sabuk itu 'masuk' ke dalam tubuhnya.

Berkat tekadnya, dia mampu berubah menjadi sosok kesatria dari masa lalu, yang dikenal sebagai Kuuga. Bahkan, setelah melihat putri mendiang Profesor Natsume menangisi kematian ayahnya, tekad Godai untuk berjuang semakin kuat. Dia berjanji akan melindungi senyuman orang lain. Karena tekadnya itu, Goda mampu berubah bentuk menjadi Mighty Form dan menghancurkan Xu Gmun Ba yang sempat melarikan diri.

Manuver Kamen Rider legendaris, Kuuga.
Tangkapan layar aksi Kuuga yang memukau. (Twitter)

Sejarah Agito

Shouichi Tsugami, merupakan orang di balik karakter Kamen Rider Agito. Dia adalah seorang pemuda amnesia berusia 21 tahun yang hidup untuk melawan Unknown, sebutan untuk bentuk manusia dari Grongi. Selama perjalanan hidupnya, Shouchi menyadari bahwa identitasnya selama ini adalah Sawaki Tetsuya. Shouchi tinggal di bawah atap rumah Misugi dan anaknya, Mana Kazaya. Di sana, Shouichi bekerja sebagai pengurus rumah yang andal. Shouici memasak dan mengurus kebun milik Misugi dengan baik dan penuh kasih sayang. Berkatnya, Mana dan seluruh penghuni rumah merasa sangat terbantu.

Suatu ketika, Shouichi Tsugami berubah menjadi Agito ketika kemunculan Jaguar Lord Pathras Letus. Agito menyelamatkan karakter Kamen Rider G3 yang dipiloti oleh Makoto Hikawa. Namun, saat pertemuan mereka selanjutnya, Agito menyerang G3 tanpa kendali Shouichi. Untungnya, Shouichi dapat kembali mengontrol Agito sebelum dirinya membunuh G3. Setelah itu, Shouichi merasa trauma dan memutuskan untuk tidak akan lagi berubah menjadi Agito.

Mana, yang telah mengetahui bahwa Shouichi merupakan Agito, menyemangati Shouichi. Mana mengatakan bahwa Shouichi memiliki kekuatan untuk melindungi orang lain. Oleh karena itu, pada akhirnya Shouichi kembali berjuang dengan kiprahnya sebagai Agito.

Sosok gahar Agito yang tervisualisasikan dengan baik.
Agito merupakan salah satu karakter Kamen Rider paling populer selain Kuuga. (Twitter)

Bentuk Kuuga

Karakter Kamen Rider Kuuga memiliki beberapa bentuk atau form, yang terdiri dari:
  1. Growing Form. Bentuk ini merupakan bentuk pertama yang dimiliki oleh Godai. Bentuk ini membuat Kuuga memiliki badan berwarna putih dengan tanduk yang lebih kecil daripada bentuk setelahnya. Godai akan mengakses bentuk ini jika dia tidak mampu menguasai bentuk yang lebih kuat, misalnya ketika sedang terluka parah. Bentuk ini merupakan bentuk terlemah yang dapat dikuasai oleh Godai, sehingga bentuk ini jarang diakses olehnya.
  2. Mighty Form. Bentuk ini merupakan bentuk utama Kuuga. Bentuk ini memiliki statistik kekuatan yang optimal sehingga bentuk ini paling banyak digunakan oleh Godai. Alih-alih menggunakan senjata, bentuk karakter Kuuga yang satu ini bertarung dengan tangan kosong. Bentuk ini memiliki jurus akhir bernama Mighty Kick, yang mampu membunuh dengan cara meledakkan lawannya. Ketika melakukan jurus tersebut, Kuuga meyiapkan ancang-ancang berlari dan lalu melompat. Selanjutnya, Kuuga memutar tubuhnya, lalu mengarahkan kakinya tepat di tubuh lawan. Sebelum meledak, biasanya di titik tendangan akan muncul logo dari Kamen Rider Kuuga. Jika lawan memiliki daya tahan yang kuat, maka hanya akan muncul logonya saja tanpa meledak.
  3. Dragon Form. Bentuk Kuuga yang satu ini memiliki kelebihan di segi kelincahan. Meskipun bentuk ini lebih lemah daripada bentuk standar lainnya, seperti Pegasus dan Titans, bentuk ini menutupi kelemahan tersebut dengan kemampuan untuk melompat tinggi. Bentuk ini biasanya akan muncul ketika Kuuga harus bertarung di tempat tinggi atau ketika musuh melarikan diri. Dragon Form mampu mengubah sebuah tiang menjadi tongkat yang bernama Dragon Rod. Jurus terakhir yang dimiliki bentuk ini adalah Splash Dragon, di mana serangan dilakukan dengan cara Kuuga mendorong tongkatnya ke arah lawan atau melempar tongkatnya hingga tepat mengenai lawan.
  4. Pegasus Form. Bentuk ini merupakan bentuk penembak jitu dari Kuuga. Pada bentuk ini, Kuuga mampu meningkatkan kinerja indranya secara besar-besaran, sehingga dia mampu melihat, mendengar, dan menyerang dengan keakuratan yang ekstrem. Meski begitu, bentuk ini hanya mampu diakses selama 50 detik. Jika lebih dari itu, maka bentuk ini akan mengalami penurunan kualitas menjadi bentuk Growing Form dan Godai tidak bisa berubah selama dua jam. Ketika sedang memegang sebuah pistol, Kuuga mampu mengubahnya menjadi senjata andalan Pegasus yang bernama Pegasus Bowgun yang menembakkan panah. Jurus akhir dari Pegasus Form adalah Pegasus Blast, yang di mana panah yang ditembakkan menembus tubuh lawan.
  5. Titan Form. Bentuk ini merupakan bentuk perkasa dari Kamen Rider Kuuga. Di bentuk ini, Kuuga mengalami penurunan kinerja di kecepatan, namun juga mengalami peningkatan kinerja di kekuatan dan daya tahan. Pertahanan Titan Form yang tidak dapat ditembus oleh musuh, membuat Kuuga mampu bertahan dari serangan lawan selama beberapa waktu. Senjata andalan bentuk Kuuga ini adalah sebuah pedang bernama Titan Sword yang mampu didapatkan dengan cara mengubah bentuk sebuah tiang, stang motor, ataupun senjata musuh. Jurus akhir dari Titan Form adalah Calamity Titan, di mana jurus ini dilakukan dengan cara menusukkan Titan Sword ke badan musuh, lalu memutarnya sehingga musuh meledak berkeping-keping.
  6. Rising Titan Form. Bentuk ini merupakan bentuk pertama Kuuga yang memperoleh peningkatan kekuatan, dari yang awalnya Titan Form menjadi Rising Titan Form. Peningkatan ini tidak mempengaruhi statistik kekuatan Titan Form, tapi bentuk Rising Titan Form memungkinkan Kuuga untuk dapat membuat Titan Sword menjadi lebih panjang dan diduplikat menjadi dua. Dengan peningkatan tersebut, Titan Sword berubah menjadi Rising Titan Sword. Rising Titan Form memiliki dua jurus andalan, yaitu Rising Calamity Titan (jika hanya menggunakan satu pedang) dan Double Rising Calamity Titan (jika menggunakan dua pedang). Pada intinya, dua jurus tersebut membuat Kuuga akan menusukkan pedang yang dipegangnya ke arah lawan, sehingga lawan akan meledak.
  7. Rising Pegasus Form. Bentuk ini merupakan bentuk kedua yang mendapatkan peningkatkan kekuatan Rising Power setelah Titan Form. Statistik kekuatan bentuk ini tidak berubah dibanding bentuk sebelumnya, Pegasus Form, tetapi Kuuga bisa menggunakan kekuatan ini lebih lama, yaitu di durasi satu menit dan 20 detik. Sedangkan itu, Pegasus Bowgun mengalami upgrade menjadi Rising Pegasus Bowgun. Jurus finisher milik bentuk ini adalah Rising Pegasus Blast, di mana Rising Pegasus Bowgun akan memanjang dan memungkinkan Kuuga untuk menembakkan runtutan anak panah secara intens ke arah sasaran.
  8. Rising Dragon Form yang ialah bentuk ketiga yang mendapatkan peningkatan kekuatan Rising Power setelah bentuk Titan Form dan Pegasus Form. Dengan menggunakan Rising Dragon Form, Kuuga menjadi lebih lincah, lebih cepat, lebih kuat, dan mampu melompat lebih tinggi dibandingkan versi Dragon Form biasa. Di Rising Dragon Form, senjata Dragon Rod berubah menjadi Rising Dragon Rod, dengan kedua sisi tombak menjadi runcing. Jurus akhir dari bentuk ini adalah Rising Splash Dragon, di mana Kuuga menerjang ke depan lalu menusuk musuhnya dengan menggunakan Rising Dragon Rod.
  9. Rising Mighty Form. Kuuga menggunakan bentuk ini sebagai bentuk terakhir dan bentuk terkuat yang dimilikinya. Di bentuk ini, kekuatan pukulan mengalami sedikit peningkatan, sedangkan kekuatan tendangan dan ketinggian melompat menjadi berlipat ganda. Rising Mighty Form memiliki The Mighty Anklet, yaitu berupa sebuah gelang yang ada di tangan kanan. Jurus andalan bentuk ini yaitu Rising Mighty Kick yang merupakan hasil peningkatan dari Mighty Kick. Kuuga mengakses bentuk ini dengan cara yang sama seperti Mighty Form, hanya saja ledakan yang dihasilkan bisa menjangkau jarak yang lebih jauh daripada normalnya.
  10. Amazing Mighty Form sebagai bentuk ke-10 yang dimiliki oleh Kuuga. Bentuk ini merupakan super form Kuuga yang juga merupakan hasil peningkatan dari Rising Mighty Form. Bentuk ini lebih kuat dibandingkan bentuk-bentuk yang telah dijelaskan sebelumnya. Meskipun merupakan peningkatan dari Rising Mighty Form, bentuk ini mengalami pengubahan warna utama yang drastis dari merah ke hitam. Statistik kekuatan bentuk ini optimal seperti bentuk-bentuk Kuuga yang lain. Dengan sepasang Mighty Anklet yang terpasang di kedua kakinya, Kuuga mampu mengakses jurus akhir yang adalah Amazing Mighty Kick. Berbeda dengan Mighty Form dan Rising Mighty Form yang hanya menggunakan satu kaki untuk menendang, di Amazing Mighty Form seorang Kuuga menggunakan dua kaki untuk menendang yang dilapisi oleh aliran listrik yang besar. Dengan kemampuan tersebut, radius ledakan yang dihasilkan bisa lebih besar dibandingkan Rising Mighty Form. Bahkan di episode kemunculan Amazing Mighty Form, yaitu di episode 46, ledakan yang dihasilkan bisa merontokkan sejumlah pohon dengan radius bermeter-meter jauhnya.
  11. Ultimate Form yang merupakan final form alias bentuk terakhir dari karakter Kamen Rider Kuuga. Bentuk ini mengombinasikan seluruh kekuatan dari bentuk-bentuk sebelumnya. Dalam bentuk ini, Kuuga disebut sebagai Supreme Warrior atau Fierce Warrior. Bentuk ini dapat membuat Godai kehilangan kendali dan menjadi 'seorang monster' yang bertekad untuk menghancurkan dunia, seperti N Daguva Jeba yang merupakan pemimpin para Grongi. Untuk bisa mengendalikan bentuk ini, Godai harus memiliki hati yang murni. Itulah sebabnya ketika Godai nyaris kehilangan kendali saat menjadi Kuuga, dirinya mendapatkan penglihatan Ultimate Form. Ketika Kuuga kehilangan kendali, kedua matanya akan berubah menjadi hitam yang hanya dimiliki oleh Yusuke Onodera di seri Kamen Rider Decade.

Salah dua bentuk peralihan yang dapat dilakukan Kuuga.
Salah dua bentuk yang dimiliki oleh Kuuga, yaitu Amazing Mighty Form dan Rising Mighty Form. (Twitter & Twitter)

Bentuk Agito

Karakter Kamen Rider Agito juga memiliki beberapa form atau bentuk spesial. Jikalau Kuuga memiliki total 11 bentuk yang berbeda satu sama lain, Agito hanya memiliki enam bentuk berbeda. Berikut penjelasan dari masing-masing bentuk Agito:
  1. Ground Form sebagai bentuk standar dan juga bentuk khas milik Agito. Sama seperti Mighty Form Kuuga, Agito di bentuk ini menggunakan tangan kosong untuk bertarung. Ground Form merupakan bentuk Agito yang paling seimbang. Ketika kekuatan Agito mencapai puncaknya, Cross Horns yang berbentuk tanduk salib di kepalanya terbuka, membuat Agito mampu melakukan sejumlah jurus finisher yang bernama Rider Kick (melompat lalu menendang musuhnya dengan menggunakan satu kaki), Rider Brake (menaiki kendaraannya, lalu menerjang musuh dan melakukan Rider Kick dengan kekuatan yang lebih kuat), Dragon Breath (menabrakkan kendaraan Machine Tornador ke arah musuh), dan Rider Punch (memukul lawan dengan sangat kuat). Biasanya, sebelum melakukan Rider Kick, akan muncul logo Kamen Rider Agito di bawah kakinya yang kemudian akan masuk ke dalam telapak kakinya. Dengan jurus Rider Kick, musuh akan meledak, sama seperti jurus akhir di Mighty Form dan Rising Mighty Form.
  2. Storm Form. Layaknya Dragon Form Kuuga, Storm Form merupakan bentuk Agito dengan warna tema biru yang meningkatkan kinerja kelincahan dan refleks. Tapi, bentuk ini merupakan bentuk terlemah dari segi kekuatan dan daya tahan. Untuk mengakses bentuk ini, Agito akan menekan sebuah tombol pada bagian kiri sabuknya. Kurang lebih mirip seperti namanya, bentuk ini memanfaatkan kekuatan angin melalui lengan kiri Agito. Storm Form memiliki senjata andalan yang bernama Storm Halberd, yaitu sebuah tongkat dengan bilah panjang di kedua ujungnya. Bentuk ini memiliki dua jurus akhir, yaitu Halberd Spin dan Halberd Brake. Jurus Halberd Spin akan membuat Agito menciptakan putaran angin kuat yang kuat. Ketika musuh terganggu, Agito akan membunuhnya dengan satu atau beberapa kali tebasan. Sementara itu, jurus Halberd Brake dilakukan oleh Agito dengan cara menaiki kendaraannya, Machine Tornador, lalu menerjang musuh dan melakukan Halberd Spin yang lebih kuat.
  3. Flame Form. Jika Storm Form sekilas mirip dengan Dragon Form, maka Flame Form mirip dengan Mighty Form milik Kuuga. Flame Form merupakan bentuk dengan warna tema merah, di mana perbedannya dengan Mighty Form adalah statistik kekuatan, yang mana Flame Form lebih berfokus kepada kualitas serangan Agito. Persamaannya, bentuk ini memanfaatkan elemen api sebagai elemen utamanya. Kebalikan dari Storm Form, Flame Form diakses dengan cara menekan sebuah tombol di bagian kanan sabuk. Meskipun form ini memiliki kelebihan di segi serangan, kekurangannya ialah kualitas tinggi lompatan dan kecepatan lari yang buruk. Flame Form menggunakan Flame Saber sebagai senjata andalan yang dapat diperoleh ketika Agito mengakses jurus finisher. Flame Saber merupakan sebuah pedang dengan logo Kamen Rider Agito di gagangnya. Untuk urusan jurus akhir, Flame Form memiliki dua jurus yang masing-masing bernama Saber Slash dan Double Saber Slash. Sesuai namanya, Saber Slash dilakukan dengan penggunaan satu pedang, sementara Double Saber Slash dilakukan dengan dua pedang. Kualitas kekuatannya akan meningkat jika Saber Horns pada Flame Saber terbuka, yang mana ini akan membuat musuh Agito hancur menjadi abu.
  4. Trinity Form yang merupakan gabungan dari Ground Form, Storm Form, dan Flame Form. Shouichi mampu mengakses bentuk ini jika dirinya memulihkan ingatannya. Jika ingatannya hilang kembali, maka ia tidak akan mampu mengakses Trinity Form. Oleh karenanya, bentuk ini hanya dapat dilihat di dua episode, yaitu di episode ke-26 dan ke-27. Bentuk ini memiliki dua senjata andalan yang masing-masing dimiliki oleh Storm Form dan Flame Form, yaitu Storm Halbred dan Flame Saber. Jurus penutup yang dimiliki oleh bentuk ini ada dua, yaitu Rider Shoot dan Fire Storm Attack. Rider Shoot merupakan jurus yang memanfaatkan teknik tendangan kuat hasil gabungan bentuk Storm Form dan Flame Form, sedangkan Fire Storm Attack adalah jurus yang dilakukan dengan cara menebas lawannya menggunakan Storm Halberd dan Flame Saber.
  5. Burning Form yang merupakan super form dari Agito. Bentuk ini pertama kali diakses ketika Shouichi belajar untuk menyalurkan semangat juangnya menjadi kekuatan. Karena kekuatannya yang luar biasa sulit untuk dikendalikan, Shouichi dapat merasa lumpuh karenanya, atau malah bahkan tubuhnya rusak karena kekuatan tersebut. Itulah sebabnya di serial Kamen Rider Agito episode ke-35, A New Transformation, Shouichi kehilangan kendali dan hampir melukai Dokter Kunieda yang merawatnya di rumah sakit. Burning Form meningkatkan dan menjadikan kemarahan Agito sebagai energi kekuatan. Semakin marah Agito, maka kekuatan Burning Form menjadi semakin kuat. Bentuk ini mampu menghasilkan semburan api untuuk menyerang lawan. Kekuatan pukulan Burning Form lebih kuat dibanding bentuk-bentuk Agito yang sebelumnya, sementara kekuatan tendangannya sama dengan kualitas kekuatan tendangan di bentuk Trinity Form. Namun, tinggi lompatan dan kekuatan lari bentuk Burning Form merupakan yang terendah dibandingkan bentuk Agito yang lainnya. Senjata andalan dari bentuk ini ialah Shining Calibre, yaitu pedang dengan bilah ganda. Burning Form memiliki dua jurus akhir, yaitu Burning Rider Punch yang menonjok musuh dengan bantuan api panas dan Burning Bomber yang menebas musuh menggunakan Shining Calibre yang dilapisi api.
  6. Shining Form. Sebagai final form seorang Agito, Shining Form hanya dapat diakses ketika Agito menggunakan bentuk Burning Form dan melihat cahaya Matahari. Meskipun kekuatan pukulan Shining Form berkurang, semua kinerja Agito yang lainnya sukses meningkat. Itulah mengapa bentuk ini merupakan bentuk paling kuat yang dimiliki Agito. Sama seperti Burning Form, Shining Form dilengkapi dengan Shining Calibre. Hanya saja, Shining Calibre di Shining Form merupakan sebuah pedang kembar yang ditemukan Agito dalam keadaan Twin Mode. Jurus penutup milik bentuk ini ialah Shining Rider Kick yang merupakan hasil peningkatan dari Rider Kick. Dengan Shining Rider Kick, Agito akan melompat, lalu menendang dengan sebuah logo Agito yang ada di kaki yang digunakan olehnya untuk menendang. Ada juga jurus Strengthened Shining Rider Kick yang dilakukan oleh Agito di final battle. Strengthened Rider Kick merupakan sebuah jurus di mana Agito menendang dengan menggunakan dua logo dirinya yang menempel di kedua kakinya.

Salah dua bentuk peralihan yang dikuasai Agito.
Salah dua bentuk peralihan yang dimiliki oleh Agito, yaitu Burning Form dan Shining Form. (Twitter & Twitter)

Analisis Hasil Pertarungan

Dengan mengasumsikan Kuuga merupakan Yusuke Godai dan bukan Yusuke Onodera, sementara Agito merupakan Shouichi Tsugami dan bukan Shouichi Ashikawa, yang mana keduanya muncul di Kamen Rider Decade, maka analisis hasil pertarungan yang berhasil saya peroleh terdiri dari beberapa potensi:
  1. Kuuga memiliki bentuk yang lebih bervariasi dibandingkan Agito. Tetapi, Agito memiliki gaya bertarung yang lebih terlatih dibandingkan Kuuga. Sangat mungkin Kuuga mampu menghadapi Agito dengan penggunaan Titan Form dan Rising Titan Form, yang berpotensi sulit dilawan oleh Agito. Namun, bisa saja Agito mengakses Flame Form yang meningkatkan kualitas serangan. Pertarungan bentuk yang mengutamakan daya tahan dan bentuk yang mengutamakan kinerja serangan tentu akan menarik di sini. Di hasil analisis yang pertama ini, besar kemungkinan Agito akan menang melawan Kuuga.
  2. Untuk hasil analisis yang selanjutnya, bahwasanya ketika Agito mengakses Burning Form sementara Kuuga mengakses Amazing Mighty Form, maka secara singkat pertarungan ini berpotensi dimenangkan oleh Agito. Mengapa demikian? Pada dasarnya, saat Shouichi mengakses Burning Form, ada momen di mana dirinya kehilangan kendali dan akan melukai orang terdekatnya, seperti yang sudah saya jelaskan di bagian "Bentuk Agito". Di samping itu, daya serang Burning Form tidaklah main-main. Sekali tinju, Agito bisa menewaskan lawan. Tapi, yang menjadi kelemahan Burning Form ialah kualitas kelincahan dan kecepatan berlari yang berkurang. Dengan itu, Kuuga bisa menyerang Agito di saat lengah. Lalu, apakah Kuuga bisa mengalahkan Agito di Burning Form dengan menggunakan Amazing Mighty Kick? Jawabannya adalah bisa jadi. Jika Kuuga bersabar dalam melakukan pertarungan, bisa saja Kuuga berhasil melumpuhkan Agito dan mengakhirinya dengan jurus Amazing Mighty Kick tersebut. Tapi, ada kemungkinan Agito dapat bertahan dari jurus finisher yang dilancarkan oleh Kuuga. Alih-alih meledak, Agito berpotensi bisa menahan serangan dan malah membalikkan keadaan. Jadi pada intinya, jika Agito dan Kuuga beradu di super form mereka masing-masing, maka Agito-lah yang berpeluang untuk menang.
  3. Agito di bentuk Shining Form memiliki senjata yang bernama Shining Calibre di konfigurasi Twin Mode yang dapat membantunya dalam pertarungan. Di sisi lain, saat Kuuga mengakses Ultimate Form, Kuuga bertarung dengan tangan kosong. Meski begitu, ini bukan berarti Kuuga di Ultimate Form merupakan lawan yang mudah. Bagi yang menonton pertandingan akhir antara Kuuga versus Daguva, tentu akan menyadari betapa kuatnya Kuuga saat menggunakan bentuk Ultimate Form. Saking kuatnya Kuuga, Daguva bahkan berdarah-darah. Jika dibandingkan dengan final battle di serial Kamen Rider Agito, yang diperlihatkan justru merupakan pertarungan antara Agito melawan Unknown, bukan melawan Overlord of Darkness yang merupakan musuh utama seorang Kamen Rider Agito. Saat menyadari sekutunya kalah, Overlord of Darkness melarikan diri. Tapi sebelum berhasil kabur, Agito sukses menamatkan riwayat musuh utamanya tersebut hanya dengan Strengthened Shining Rider Kick. Namun, di pertandingan satu lawan satu antara Kuuga melawan Agito, pertanyaannya ialah apakah ada kemungkinan Godai akan kehilangan kendali dan menjadi Kuuga di bentuk Ultimate Form yang jahat? Jawabannya bisa. Di beberapa episode, diperlihatkan sosok Kuuga yang bertarung dengan brutal dengan penggunaan Ultimate Form. Jadi, bisa saja pertarungan akan dipimpin oleh superioritas Agito, namun Godai bisa saja kehilangan kendali dan menghabisi Agito dengan mudah, ditambah juga kekuatan serangan Agito yang seiring waktu melemah. Jadi, jika beradu di bentuk final form, Kuuga-lah yang berpotensi untuk menang.

Dari ketiga poin di atas, hasil pertarungan antara dua karakter Kamen Rider pelopor era Heisei bisa disimpulkan dengan dua paragraf di bawah ini. Perlu dipahami bahwa penjelasan analisis pertarungan ini merupakan opini pribadi saya. Hasil pertarungan tergantung dari alur cerita yang dibuat.

Agito memiliki peluang lebih besar untuk menang. Meskipun Kuuga memiliki Ultimate Form yang mungkin merupakan satu-satunya cara dalam mengalahkan Agito, tentu untuk berubah menjadi form tersebut tidaklah mudah. Terlebih lagi ketika Agito menggunakan Burning Form, tentu Kuuga akan kesulitan dalam mengalahkannya, apalagi jika Shouichi kehilangan kendali.

Tapi, jika seiring berjalannya pertarungan, Kuuga mampu berubah menjadi versi Ultimate Form, maka Agito 'harus bersiap' untuk kalah. Di samping itu, jika Shouichi memilih menghadapi Kuuga Ultimate Form dengan penggunaan Burning Form, maka pertarungan ini akan menjadi menyenangkan. Potensi hasil akhir Kuuga tergantung dari kontrol Godai, apakah dia memilih nekat dengan Ultimate Form-nya lalu kehilangan kendali atau tetap bertarung dengan aman meskipun dirinya lebih mungkin untuk dikalahkan.

Pertarungan Kuuga melawan Agito yang tidak resmi.
Dua cosplayer Indonesia mengilustrasikan jika Kuuga dan Agito benar-benar bertarung. (YouTube)

Daftar Pustaka

Komentar