Perang Rusia-Ukraina dan Ingatan Saya

Invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai di Februari merupakan salah satu momen paling bersejarah di 2022, maka janganlah kita lupakan.


Potret seorang tentara militer Ukraina yang sedang kritis.
Foto ini diunggah oleh akun Twitter resmi Defense of Ukraine dengan takarir, “I am alive.” (Twitter)


24 Februari 2022 menjadi hari yang yang kelam. Setelah banyak spekulasi, apa yang ditakutkan benar-benar terjadi. Federasi Rusia mendadak menginvasi Ukraina dengan alasan operasi militer khusus. Sejak saat itu, tensi di Benua Eropa semakin memanas.

Penyebab Kekacauan

Melansir dari The Conversation, di bulan Februari 2022, Vladimir Putin mengklaim bahwa Ukraina dan Rusia adalah satu bangsa yang padu. Menurut Putin, Rusia sebagai kakak dari Ukraina harus bertanggung jawab, di mana Putin melihat Ukraina sebagai negara saudara.

Kebanyakan orang Ukraina tidak setuju, karena mereka terinspirasi oleh presiden mereka, Volodymyr Zelenskyy. Zelenskyy menyatakan kepada Putin, bahwa orang Ukraina menginginkan perdamaian, tetapi mereka akan mempertahankan kemerdekaan Ukraina jika memang diperlukan.

Putin lalu menginvasi Ukraina dengan tujuan untuk mengambil alih seluruh negeri. The Conversation menjelaskan bahwa, "Ukraina sekarang melawan tentara Rusia, mencoba mengalahkan apa yang mereka anggap sebagai pendudukan."

Perspektif orang pertama dari seorang pilot Rusia yang berhasil keluar sebelum pesawatnya menghantam daratan. (YouTube)

Ingatan Saya

Semuanya bermula di hari Kamis, 24 Februari 2022. Saat itu, saya sendiri selaku pendiri Written by IRIZU sedang dalam kelas belajar daring untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Di pertengahan kelas, saya mendapatkan berita mendadak dari Instagram bahwa Rusia sedang meluncurkan rudal-rudalnya ke titik penting di Ukraina, termasuk itu bandara-bandara, yang menandakan invasi telah dimulai.

Sebelumnya, melalui berita-berita internasional, saya mendapatkan informasi bahwa terdapat beberapa kelompok pasukan Rusia yang bergerak di perbatasan Ukraina dengan huruf "Z" dan "V" tertempel di bodi-bodi perangkat tempur mereka. Banyak orang berspekulasi tentang huruf-huruf tersebut, di mana saat ini kita paham bahwa kedua huruf tersebut merupakan huruf yang menandakan perangkat perang Rusia di Ukraina.

Menurut The Guardian, teori paling populer adalah bahwa huruf-huruf tersebut menandakan wilayah tersebarnya perangkat Rusia. Meski begitu, Kementerian Pertahanan Rusia menganggap bahwa Z berarti "untuk kemenangan", sementara V berarti "kekuatan kebenaran".

Pasca memahami bahwa saya merupakan salah satu saksi sejarah, saya pun lantas meninggalkan kelas daring saya dan beralih ke televisi untuk menonton beberapa tayangan berita global. Semuanya seketika membahas tentang satu hal, dan itu adalah invasi yang baru saja terjadi. Sembari menonton, saya mengobrol dengan teman saya melalui pesan WhatsApp.

Pasukan Ukraina dengan senjatanya masing-masing.
Dua tentara Ukraina bersenjata lengkap dalam posisi siap tempur. (Twitter)

Ketika obrolan selesai, beberapa waktu setelah kelas daring saya juga selesai, saya lalu berpindah dari Instagram ke Twitter untuk mencari informasi terbaru dan lebih lanjut. Dari situ, saya mulai mengikuti satu akun berita, kemudian bertambah mengikuti akun-akun penduduk lokal Ukraina, hingga pada akhirnya saya berkenalan dengan akun-akun intelijen sumber terbuka (OSINT), dengan yang paling pertama saya ikuti adalah Oryx dan OSINTtechnical. OSINT itu sendiri adalah sebuah bentuk mengumpulkan dan mengorelasikan informasi yang bersifat terbuka atau bebas diakses oleh siapa saja.

Berlangsungnya setiap kegiatan tersebut tak membuat saya meninggalkan televisi. Sembari memantau, saya tetap menonton tayangan berita di televisi. Dari yang awalnya hanyalah berita saja, seringnya dari CNN International, kemudian berpaling ke siaran langsung di YouTube yang menampilkan hasil pantauan kamera pengawas di beberapa wilayah Ukraina, termasuk itu Kota Kyiv yang terlihat menegangkan. Tak lupa, saya juga menonton siaran langsung organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang tengah melakukan rapat darurat. Sepertinya, ribuan orang juga melakukan apa yang saya lakukan pada waktu itu.

Rencana Kami Selanjutnya

Artikel ini merupakan pendahulu dari artikel berikutnya, "Hari Ini Setahun yang Lalu, Rusia Invasi Ukraina", yang akan dirilis bertepatan di tanggal penanda satu tahun terjadinya perang. Artikel tersebut membahas tentang catatan-catatan peristiwa selama perang yang kami telusuri berdasarkan sudut pandang kami.

Presiden Ukraina di Kota Kherson.
Kehadiran Zelenskyy di Kota Kherson yang dikawal oleh kelompok militer siap tempur. (Twitter)


Daftar Pustaka

Komentar